Karlmayer: Masih Kalah Berisik Dibandingkan Merzbow, Sama Sekali Tak Halusinogenik Daripada GY!BE.


Minggu sore kemarin di squat, saya dan Aswin menonton sebuah video yang dikenal dengan sebutan “karlmayer”. Video ini menyajikan potongan-potongan gambar dengan suara berisik, lengkingan, jeritan atau cekikikan, mulai dari gambar panorama bunga-bunga indah hingga wajah badut bertopeng seram, diulang beberapa kali. Saya tak tahu deskripsi apapun tentangnya, ketika saya search di internet pun tak ada sumber-sumber yang memaparkan lebih detail terkait karlmayer ini.

Sesungguhnya, racikan noise semacam ini sudah tak terlalu asing bagi saya. Mungkin orang-orang yang terperangah dan begitu terpesona dengan kebisingan karlmayer sekali waktu harus mendengarkan Merzbow. Lagipula, menghabiskan waktu dengan menikmati deretan nomor dari Godspeed You! Black Emperor pun lebih asyik karena dapat memancing imajinasi melalui kesunyian sekaligus ‘keseraman’ yang Efrim Menuck dan kawan-kawannya suguhkan. Jeda di tiap aransemen mereka mampu menghadirkan sekilas ekstase untuk menikmati sensasi ketegangan serta buaian kelam. Atau racikan yang lebih bersahabat di telinga seperti Sigur Ros dan Amiina yang akan membuat saya terseret ke dalam nuansa imajiner yang riang nan damai.

Konon, karlmayer pernah digunakan sebagai ‘media’ untuk menginterogasi seseorang dengan memaksanya terus menerus mendengar suara ini dalam volume maksimal. Dan diyakini mampu berakibat fatal, mulai dari memicu halusinasi hingga sang korban mencapai delusi yang cukup parah.

Saya terbahak-bahak setelah mengetahui informasi ini. Sangat berlebihan, tentu saja berakibat fatal. Siapa yang tidak stress ketika dicekoki suara yang sama terus menerus? Alhasil, video berisik ini sama sekali tak berhasil membuat saya berhalusinasi, selain hanya menyebabkan telinga sedikit berdengung akibat volume yang terlalu tinggi saat menyetelnya, lalu merengut di depan layar komputer dan bertanya-tanya, “apaan sih maksudnya gambar-gambar ini?”.

Entahlah, saya memang tidak merasakan apapun ketika mendengarnya. Mungkin karena saya kurang sensitif atau peka? Atau mungkin gara-gara suasana saat itu memang tidak cocok, sore hari dengan guyuran hujan gerimis. Jadi mungkin lebih pas ketika disetel menjelang adzan subuh? Entah. Tapi kalau itu alasannya, bukankah mendengarkan musik apapun di kala Subuh juga pasti akan terasa sensasi yang berbeda, tentu saja akibat mengantuk.

Ah, satu tips bagi pemuja karlmayer:

Coba cari dan dengarkan Anal Cunt, band homophobic asal Jerman, album “Picnic of Love”, saya jamin pengaruhnya akan jauh lebih dahsyat dibanding karlmayer. Bukan delusi, tapi sepertinya kamu bakal mengalami frustrasi, atau mungkin lebih parah lagi, uring-uringan.

16 komentar:

Anonim mengatakan...

gan, jangan samain mental tiap orang. saya juga waktu denger gak ngefek sama sekali. tapi beberapa teman saya 'kena' efeknya. hal itu bs karena situasi hati orang saat itu sedang tidak baik. nah waktu itu saya lagi fine2 saja, jd gak ngaruh walau saya udah dnger d tempat gelap sendirian. :-D

Anonim mengatakan...

Boleh di-share GY!BE-nya tuh bro :D
Saya cari2 pada mati semua link downloadnya :D
Thx

Erwin Dewantoro mengatakan...

Waduh sayang sekali, saya gak punya link downloadnya. Koleksi pun udah lama banget dapetnya...

Andri mengatakan...

Ada lagu serem apalagi gan?

Erwin Dewantoro mengatakan...

Maksudnya "serem" itu gimana ya? :)

artikel kesehatan mengatakan...

saya baru tau hari ini dari teman saya, ttg karl mayer. tenyata info nya sangat sedikit ya di google.

Go.Song mengatakan...

Waaaah adminnya kuat mental nih,,,, aq aj baru dengerin 10 detik udah merinding nggak berani dengerin kelanjutanya....

Jadi gw pecaya lok RIVERSE tu bsa bikin orang jadi gila....

Anonim mengatakan...

Tos Gan *toss =D saya udah dengerin 3x lebih padahal baru hari ini download.. Saya dengerin sampe ketawa2 cz ngebandingin sama yg dipost orang2 gak seserem itu sih =p rencananya entar takbiran mau saya dengerin ke temen wkwkws mau cari bukti nyali orang =D

muliasri mengatakan...

apa maksudnya ini ya...???

http://www.youtube.com/watch?v=TzEGqqZM4OY&feature=youtu.be

Unknown mengatakan...

Anal Cunt yg judulnya apa gan ?

Widiatmokology mengatakan...

design page nya bagus gan !!

Unknown mengatakan...

Gan ada lagu yg bikin gw jadi pinter gk,,,hwhehehhehe

Unknown mengatakan...

Emng sbrapa sramnya lgu karl mayer-reverse.. Jdi pngen download.itung" uji metal.. :D

dio c-monkey andriawan mengatakan...

Coba dengerinya pas mau tidur 😆

Unknown mengatakan...

ini kan tergantung mental tiap org... jd ya klo gak berasa efeknya, jgn sombong.. ane jg gak ngerasa efek seremnya sprti yg diceritakan. tp sakit telinga sdh pasti
& menurut ane, lagu/musik apapun itu, psti punya pengaruh sndri" trhdap pndengarnya. biar kata dgr yg mellow/cengeng, bisa aja bkin org bunuh diri. trgtung kondisi dia saat itu kan :v

Aida Vyasa mengatakan...

Sebelum tidur dan sebelum subuh sdh ku dengerin. Engga ada efek apa2. Rencananya mau kuputar saat lebaran nanti biar yang suka nanya "kapan nikah?" Dan "kamu gendutan ya?" Kesambit nadanada cinta karlmayer. Amen

Posting Komentar