Fabel dan Penjara Harian.

              berjalan, kususuri hutanku
              bersama wangi rerumputan
              yang membelaiku di tiap jengkalan

              kulihat
              hari ini langit tak lagi jernih
              entah kenapa entah ada apa

              aku teringat pada nyanyian berisik
              yang seringkali mengganggu pagiku
              ya, namun entah kenapa slalu kutunggu
              pernah kulihat dia begitu riang
              terlihat senang
              karena mereka begitu ramai dan saling bersahutan

              kau tahu tentu saja
              aku bercerita tentang seekor teman...


burung burung yang tak pernah lelah untuk berdendang
tapi kenapa hari ini dia tidak datang
ah kasihan
tentulah dia sedang meringkuk sedih di dalam sangkar

o, lalu kemana si kupu kupu yang tadi kupegang
ah sialan, dia hilang..

padahal ketika menatapnya
aku melihat warna yang tak kalah megah
oleh kesombongan mejikuhibiniu diatas sana

hei, bukan hilang
ternyata dia terjatuh dan terjengkang
o, lantas kenapa terdiam
duh, ternyata dia telah diawetkan

aku kembali berjalan menyusuri hutanku
lalu aku bertemu harimau
dia berbaring bersama putra semata wayangnya
mesra sekali nampaknya
ah, rupa garang memang tak selalu gampang berang

kutantang dia
hei belang kemarilah, lawan aku!
dasar pembual
tentu saja aku berani
wong dia cuman manggut manggut di dalam kandang

lanjut, aku terus berjalan...

di tengah jalan aku dilempar pisang
hei, sial
ternyata si kera yang sedang berloncatan
turunlah kau kurang ajar
eh, dia cuma meringis

ha, aku jadi teringat muka elit elit birokrat yang juga kurang ajar itu
tak mau kalah dengan si kera rupanya
doyan pringas pringis
lempar batu sembunyi tangan
baju necis hati bengis bau amis

aku tinggalkan si kera

wah, aku lihat si jerapah
dia sedang garuk garuk leher rupanya
tak lama si kuda lewat
o, lagi sibuk menyisir rambut dia

lanjut, aku kembali berjalan

eh, tak disangka aku ketemu ikan ikan aneh tapi menakjubkan
kulihat kuamati
hei, kenapa mereka termenung
padahal sudah kugoda dan kusentil sentil
ah pantas saja, ternyata akuariumnya memang terlalu kecil

bosan, aku lanjutkan perjalanan...

kemudian aku lihat si gajah
lho, koq mereka bermain bola
dan oh...
ada si lumba lumba juga
lho, koq mereka juga bisa main bola

ah bodoh
aku baru sadar
ternyata aku bukan di hutan

rupa rupanya ini kebun binatang
pantas saja semuanya terkekang

              ah, aku tak habis pikir

              kenapa harus ada sangkar
              bukankah mereka dilahirkan untuk alam
              seperti halnya bunga yang bebas untuk mekar
              lalu kenapa mereka tidak berhak menghirup udara segar

              entah kenapa ada taman safari
              padahal seharusnya mereka bebas berlari

              entah kenapa ada kebun binatang
              ketika seharusnya banyak tanah ladang dan perairan
              untuk mereka bermain dan berkejaran

              ah, menyedihkan

              hari sudah petang
              lebih baik aku kembali pulang...

 
Malang. 20 April 2009

0 komentar:

Posting Komentar